Rabu, 11 November 2009

NcFTP, Simple FTP Server and Client Program (1)

Sehubungan dengan pekerjaan minggu ini untuk bikin SOP commisioning perangkat. Salah satu poin yang harus dijelaskan adalah backup and restore configuration. Kemudian saya mencoba melakukan backup dan restore sesuai dengan manual book perangkat yang saya uji coba. Setelah beberapa percobaan yang terus gagal. Akhirnya saya mencoba melihat log yang muncul. Pertama melihat log, pandangan langsung tertuju pada baris "NcFTPPut error",
NcFTP?? Makanan jenis apa itu ya?(kidding)karena penasaran saya langsung bertanya pada "mbah google" tentang NcFTP ini. Alhasil saya menyambangi www.ncftp.com. Sekilas tidak ada perbedaan pada FTP ini, namun setelah saya dalami ternyata ada fitur menarik pada sisi client NcFTP yaitu command
ncftpput dan ncftpget. Fitur ini dapat melakukan upload dan download ke FTP server tanpa harus terhubung terlebih dahulu ke FTP server. Jadi, bila proses transfer file pada FTP lain harus dimulai dengan sintak ftp(spasi)ip FTP server/nama FTP server pada NcFTP cukup dengan sintak ncftpput dan ncftpget.
Karena tertarik plus tantangan kerja (halah) langsung saja saya unduh file NcFTP tadi, jangan salah memilih program untuk server dan client. Kemudian hal lain yang harus diperhatikan adalah tipe OS yang dipakai. Untuk NcFTP server, OS yang didukung adalah FreeBSD,Linux (32 atau 64 bit), OpenBSD, MacOS, serta Solaris (tanpa Wi***ws, hahaha just another reason to leave it, tapi saya rasa banyak FTP server gratis untuk OS ini :D). Namun di sisi client program ini dapat digunakan di semua OS (FreeBSD,Linux 32 atau 64 bit, OpenBSD, MacOS, Solaris, Wi***ws). Karena komputer test yang saya gunakan menggunakan Ubuntu, maka file program yang saya unduh dari TKP adalah NcFTPd Server 2.8.6 for Linux (Intel 32 bit) dengan format tar.gz

Berikut instalasi selengkapnya :
1. Dicoba menggunakan apt-get install ncftp ternyata return with error, (hiks padahal pasti lebih mudah) trus dilihat di situs packagenya ternyata yang terbaru cuma versi 2.3 akhirnya unduh versi 2.6 format mentah tar.gznya deh
2. Pindah direktori kerja ke direktori tempat file NcFTP misal $cd /home/lab/Desktop
3. Ekstrak dengan $tar -xzvf (nama file).tar.gz
4. Pindah ke folder hasil ekstrak, nah disini tak perlu lagi command configure, make, make install, karena Ncftp sudah membuat program instalasi install_ncftpd.pl, yang bisa langsung dijalankan dengan sintak $perl ./install_ncftpd.pl. Nah karena menggunakan perl pastikan program perl sudah ada pada linux, jika tidak ada cukup install dengan $apt-get install perl atawa install manual dengan file tar.gz dari www.perl.com
5. Instalasi selesai

konfigurasi FTP server ini dapat diset pada file general.cf dan domain.cf. Mau tahu gimana cara pakai dan settingan minimalnya?, just be patient for another post , okay....Keep on learning!

0 komentar: